Cara Memandikan Bayi

Cara Memandikan Bayi - Cara Tips Memandikan Bayi Kegiatan ibu setelah pasca melahirkan selain dari menyusui adalah dengan memandikan bayi. Memandikan bayi adalah salah satu cara juga dalam menstimulasi bayi dalam berbagai trik. Menstimulasi gerak motorik halus dan juga kasar. Menstimulasi dengan mengenalkan berbagai kosakata yang baru berkaitan dengan alat mandi.

Memandikan bayi bagi seorang ibu apalagi bagi seorang ibu yang baru mempunyai seorang anak tentunya merupakan pengalaman yang menyenangkan dan seringkali ibu baru mengalami kekhawatiran dalam proses memandikan bayi itu sendiri. Selain karena baru menjalani proses kelahiran, kekhawatiran akan luka pasca melahirkan juga salah satu unsur yang berpengaruh. Maka tidak heran bila memandikan bayi ini awalnya adalah dikerjakan sang nenek atau petugas kesehatan bila masih dalam lingkup pelayanan kesehatan misalnya masih di rumah sakit atau di tempat bidan tampat sang ibu melahirkan.

Cara Tips memandikan Bayi

Sehingga dalam proses memandikan bayi ini pun mempunyai tips tersendiri. Berikut beberapa tips memandikan bayi dan semoga bisa memberikan manfaat. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam cara memandikan bayi :
  1. Air hangat. Tentunya air adalah hal yang pertama kali dipersiapkan dalam proses memandikan bayi ini.Dan yang disiapkan adalah air hangat.Langkah awal adalah dengan mengecek kehangatan air untuk mandi itu sendiri.Kita menuangkan air dingin terlebih dahulu, baru ditambah dengan air hangat.Mengecek kehangatan air itu dengan memasukkan siku tangan kita pada air hangat.Jangan terlalu panas karena selain akan membuat bayi tidak nyaman tentunya akan membuat kulit bayi yang masih sangat sensitif akan menjadi merah.
  2. Meletakkan bayi di bak mandi atau penyangganya bila memiliki, lalu membasahi tubuhnya secara perlahan dan membersihkan mata, telinga, wajah dan lipatan tubuh.Bak atau ember ini juga perlu disesuaikan dengan tubuh sang bayi.
  3. Menggunakan peralatan untuk memandikan bayi yang disesuaikan dengan usia sang bayi.Seperti halnya sabun mandi, shampo khusus untuk bayi.
  4. Menstimulasi bayi.Kegiatan memandikan bayi ini adalah salah satu kesempatan bagi sang ibu untuk menstimulasi baik itu pendengaran, gerak motorik halus dan kasar.Bisa dilakukan dengan mengajaknya berbicara atau pun menyanyi.Hal tersebut akan membuat bayi lebih merasakan kenyamanan dan juga senang dengan aktifitas mandi ini.
  5. Setelah selesai memandikan bayi ini, segeralah mengangkat bayi dengan menyelimuti handuk.Hal ini bertujuan agar bayi tidak kedinginan dan menjaga kehangatan suhu tubuhnya.
  6. Peralatan mandi.Sebelum aktifitas memandikan bayi ini, yang penting juga mempersiapkan alat mandi bayi itu sendiri seperti halnya sabun mandi, sampo, minyak telon, handuk dan lain-lain dan diletakkan di dekat ember dan dalam jangkauan tangan yang memandikan.
Dengan kita mengetahui tata cara memandikan bayi yang benar terutama para ibu baru atau pun para ibu yang baru mempunyai anak pertama maka hal ini wajib diketahui. Banyak manfaat memandikan bayi ini diantaranya adalah menjaga kesehatan dan kesegaran sang bayi dan membersihkan dari kotoran yang senantiasa mengintai para bayi dan beresiko untuk bisa menimbulkan penyakit bagi bayi.


EmoticonEmoticon