Penyebab Mengantuk

Penyebab Mengantuk - Penyebab Orang Sering Mengantuk Menurut teori kesehatan yang kita ketahui bahwasannya kebutuhan tidur manusia dewasa adalah berkisar antara 7 - 8 jam dalam 24 jam atau dalam kurun waktu sehari. Bila kebutuhan tersebut tidak dipenuhi akan menyebabkan orang sering mengantuk. Karena tidak bisa kita pungkiri bahwasannya tidur yang baik bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita selama dalam porsi yang cukup dan kawalitas yang baik. Bila kebutuhan tidur tidak terpenuhi dengan baik maka hal tersebut akan berpengaruh tehadap segala aktifitas keseharian kita termasuk dalam produktifitas kerja kita.

Penyebab Mengantuk

Secara fisiologis tubuh mempunyai alarm yang dapat mengingatkan bahwa tubuh memerlukan istirahat yang cukup. Apabila tubuh perlu istirahat, maka akan memberikan kode dalam bentuk rasa mengantuk. Coba kita bayangkan bila kita tidak merasa mengantuk dan tidak beristirahat. Maka apakah kita bisa beraktifitas sehari-hari dengan baik. Mengantuk juga dapat menunjukkan bahwa otak sedang kekurangan oksigen. Oksigen dibutuhkan oleh sel-sel otak untuk melakukan aktivitas rutin sehari-hari. Apabila oksigen yang beredar di darah kurang mencukupi kebutuhan metabolisme dasar, otak pun akan kekurangan oksigen. Gejala yang ditunjukkan adalah mengantuk.

Berikut adalah beberapa penyebab orang mengantuk diantaranya yaitu :
  1. Adanya Gangguan Tidur. Gangguan tidur dalam hal ini dapat kita contohkan dengan insomnia atau beberapa macam gangguan tidur yang lain. Dengan adanya gangguan tidur tersebut maka kualitas kwantitas tidur kita jauh berkurang dan akan menyebabkan kita seringkali mengantuk.
  2. Tidur Yang Kurang. Maksudnya adalah seperti yang telah diterangkan dia atas bahwasannya bila tidak terpenuhi kebutuhan tidur yang baik maka hal ini tentunya akan menyebabkan orang mengantuk. Untuk itulah kita juga perlu mengetahui akan tahap-tahap tidur
  3. yang baik bagi kesehatan kita sendiri.
  4. Penyakit Diabetes Melitus (DM). Penyakit diabetes melitus ini dikenal dengan Tiga gejalanya yang khas yaitu poliuria (banyak kencing), polidipsi, poliphagia (banyak makan) dan seringkali gejalanya adanya terbangun malam hari karena ingin kencing. Maka hal ini bisa menyebabkan orang akan mengantuk di keesokan harinya.
  5. Kurang Darah (Anemia). Bila kita menderita anemia maka akan menyebabkan oksigen yang dibawa darah ke otak akan berkurang. Dengan berkurangnya pasokan oksigen ke otak ini akan menyebabkan salah satunya adalah orang menjadi mengantuk.
Setelah kita mengetahui akan penyebab mengantuk maka kita juga akan lebih baik mengetahui akan tahap-tahap tidur yang terjadi dalam diri setiap manusia secara alamiah. Karena dengan mengetahui akan tehapan dalam tidur kita juga bisa memahami secara logika mengapa manusia bisa mengantuk dan apa saja penyebab orang mengantuk.

Dan itulah beberapa penyebab orang mengantuk yang seringkali menimpa kita manusia yang tentunya membutuhkan waktu untuk beristirahat dan tidur setelah lelah seharian bekerja. Dengan tidur yang baik dan nikmat mengantuk yang Allah anugerahkan kepada kita semua maka kita bisa merasakan nikmat sehat dan rasa segar serta bugar setelah bangun tidur. Dan pada postingan berikutnya nanti kita akan share mengenai tips mengatasi mengantuk dan semoga pula bisa berguna sobat-sobat semuanya.


EmoticonEmoticon