Sunnah-Sunnah Puasa

Rukun adab syarat dan sunnah puasa haruslah diketahui dengan baik bagi kita selaku umat Islam ketika kita sedang menjalankan suatu bentuk ibadah. Termasuk dalam ibadah puasa ramadhan ini juga. Karena Rasulullah SAW telah banayak memberikan contoh puasa nabi yang sebagai umatnya kita juga perlu untuk meneladani dan menjalankan sunnah puasa Ramadhan juga.

Sunnah dalam puasa ramadhan adalah merupakan segala hal yang berkaitan dengan perbuatan yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad s.a.w (disunnahkan) ketika sedang melakukan ibadah puasa. Inilah yang dimaksud dengan pengertian sunnah puasa itu sendiri. Dan juga tentunya bahwasannya menjalankan sunat puasa bila kita kerjakan dan laksanakan dengan baik akan meningkatkan kadar kebaikan dan amalan ibadah yang kita kerjakan asalkan sesuai dengan Al-Qur'an dan Sunnah Rasulullah SAW.

Sunnah Adab Rukun Syarat Puasa

Dan berikut adalah sunnah puasa yaitu diantaranya :

Menyegerakan Dalam Berbuka Puasa.
Dan salah satu kebahagiaan orang mukmin yang berpuasa salah satunya adalah ketika sedang berbuka puasa. Dan segera berbuka puasa ketika adxan magrib berkumandang adalah merupakan salah satu adab sunnah Rasulullah SAW berpuka puasa. Hal ini juga tercantum dalam sebuah hadist yang menjelaskan keutamaan bersegera dalam berbuka puasa yaitu Diceritakan dari Sahal Ibn Sa’ad, Rasulullah s.a.w, bersabda:"Manusia selamanya dalam kebaikan, selama ia menyegerakan berbuka puasa". (Hadits Shahih, riwayat al-Bukhari dan Muslim).

Membaca Doa Berbuka Puasa.
Doa orang berbuka puasa adalah merupakan salah satu doa yang makbul dan tidak ditolak. Hal ini adalah berdasarkan atas penjelasan hadist Rasulullah SAW mengenai doa buka puasa yaitu :"Tiga orang yang tidak ditolak do’a mereka, yaitu : seorang yang berpuasa ketika berbuka, seorang imam yang adil dan do’a orang yang teraniaya." (HR. Imam Turmudzi).

Dan ini termasuk dalam keutamaan doa berbuka puasa yaitu salah satunya seperti yang tercantum dalam sebuah hadist yang berbunyi :"Pada setiap berbuka, Allah mempunyai (orang-orang) yang akan dibebaskan (dari neraka)". (HR. Ahmad ).

Berbuka Puasa Dengan Kurma.
Dan yang termasuk dalam meneladani sunnah-sunnah Rasulullah di dalam Bulan Ramadhan ini adalah ketika berbuka puasa pertama kali adalah dengan menggunakan atau pun makan kurma. Berbuka puasa diawali dengan memakan buah kurma, dan apabila tidak menemukan buah kurma atau tidak memilikinya, maka dianjurkan untuk meminum air putih terlebih dahulu sebelum memakan dan minum yang lainnya. Dan ini juga termasuk dalam keutamaan buka puasa dengan kurma.

Dalil hadist mengenai hal ini adalaha sebagai berikut. Dari Anas r.a ; "Nabi s.a.w, apabila ia berbuka puasa denga kurma gemading, sebelum Beliau shalat, apabila tidak ditemukannya, ia berbuka dengan kurma biasa, kalau tidak ditemukannya, Beliau berbuka dengan beberapa teguk dari air putih". ( Hadits Shahih, HR Abu Daud, Tirmidzi ).

Mengakhirkan Makan Sahur.
Janganlah menyepelekan makan sahur ini. Karena dalam sahur terdapat keberkahan. Dan hikmah keutamaan sahur yaitu adalah karena dalam sahur mengandung keberkahan dan juga membedakan kita umat Islam dalam berpuasa dengan puasanya kaum yahudi, nasrani.
Dari Anas r.a; Rasulullah SAW bersabda: "Makan sahurlah kalian, karena sesungguhnya dalam sahur itu terkandung berkah". (HR. Bukhari dan Muslim).
Dari Abu Dzar r.a : Rasulullah SAW bersabda : "Tidak akan hilang sifat kebaikan pada diri manusia, selama ia mengakhirkan sahur dan menyegerakan berbuka puasa". (HR. Ahmad).

Meninggalkan Perbuatan-Perbuatan Tercela Dan Berkata Kotor Dusta.
Berpuasa adalah bukan hanya sekedar dari menahan rasa lapar dan dahaga saja. Maka ketika sedang berpuasa baik itu puasa sunnah, puasa yang wajib maka perbuatan-perbuatan buruk dan tercela serta berkata dusta harus kita jauhi dan tinggalkan. Apalah artinya ketika kita berpuasa, tetapi mulut tangan dan kaki kita tidak berpuasa dari kejahatan dan keburukan.

Demikian beberapa hal yang berkaitan dengan ibadah sunnah dan juga wajib ketika berpuasa. Dan semoga kita bisa menjalankan akan berbagai contoh rasulullah Muhammad SAW dalam berpuasa juga.


EmoticonEmoticon