Tips Cara Kiat Menurunkan Kolesterol

Cara sehat alami menurunkan kolesterol tinggi jahat perlu diketahui dalam rangka menjaga kesehatan tubuh kita. Karena memang kolesterol tinggi bisa menjadi penyebab faktor resiko penyakit jantung dan stroke diantaranya.

Kolesterol adalah zat yang fungsinya sangat penting bagi tubuh. Sebenarnya zat ini merupakan zat lemak yang dikenal sebagai lipid. Produsen utama zat ini adalah hati, namun lipid juga bisa berasal dari makanan.

Kadar lipid yang terlalu tinggi, disebut dengan hiperlipidemia akan dapat memengaruhi kondisi kesehatan. Meski kolesterol tinggi tidak menyebabkan gejala apa pun, tapi tetap bisa membahayakan kesehatan nantinya bila telah menumpuk di dalam tubuh.

Untuk itu mengenali akan tanda gejala kolesterol tinggi juga perlu diketahui dengan baik pula.

Tips Cara Kiat Menurunkan Kolesterol

Kolesterol Baik Kolesterol Jahat


Protein mengandung dan membawa masuk kolesterol ke dalam darah. Kombinasi dua zat ini disebut lipoprotein. Liporotein dibagi menjadi dua, yaitu lipoprotein pelindung atau kolesterol baik (HDL) dan lipoprotein berbahaya atau kolesterol jahat (LDL).

HDL atau lipoprotein dengan kepadatan tinggi disebut kolesterol baik karena HDL mengangkut kolesterol dari sel-sel dan kembali ke hati. Di dalam hati, kolesterol akan dihancurkan atau dikeluarkan oleh tubuh melalui kotoran.

Sedangkan LDL atau lipoprotein dengan kepadatan rendah adalah kebalikan dari HDL. LDL mengangkut kolesterol dari hati ke sel-sel yang membutuhkannya. Jika jumlah kolesterol tersebut melebihi yang dibutuhkan.

Maka kolesterol itu akan mengendap pada dinding-dinding arteri dan menyebabkan penyakit. LDL dikenal sebagai kolesterol jahat.

Penyebab Kolesterol Tinggi


Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan kolesterol tinggi di dalam tubuh. Dan hal ini perlu untuk kita waspadai bersama mengingat penyakit yang diakibatkan oleh Kolesterol Jahat bisa membahayakan kesehatan kita semuanya.

Diantaranya adalah bisa menyebabkan Penyakit Jantung Koroner dan juga Penyakit Stroke yang merupakan bagian dari penyakit pembuluh darah dan angka kematian yang disebabkan kedua penyakit tersebut diatas juga tidaklah sedikit.

Penyebab kolesterol tinggi jahat terbagi menjadi dua yaitu :
  • Faktor Yang Tidak Bisa Dikontrol.
  • Faktor Yang Bisa Dikontrol.
Yang termasuk faktor yang tidak bisa dikontrol yang banyak menimbulkan dan menyebabkan kolesterol tinggi adalah diantaranya adalah faktor keturunan dan juga dan juga faktor umur atau faktor usia.

Penyebab Kolesterol Tinggi

Sedangkan penyebab yang bisa dikontrol oleh kita antara lain adalah sebagai berikut :
  1. Gaya Pola Hidup Dan Pola Makan Yang Tidak Sehat.
  2. Kelebihan berat badan obesitas kegemukan.
  3. Kurang Olahraga.
  4. Diet yang salah.
  5. Diabetes Mellitus.

Tips Cara Turunkan Kolesterol Tinggi


Berikut ini beberapa cara dan tips sederhana dan alami menurunkan kolesterol tinggi seperti informasi yang dilansir dari healthmeup.com antara lain adalah sebagai berikut :

Batasi Konsumsi Daging Merah
Daging merah memang baik untuk menambah sel darah merah. Namun sebaiknya kurangi konsumsinya ketika sudah mengidap kolesterol tinggi. Sebab daging merah sangat tinggi akan kolesterol, lemak, dan kalori. Selain itu perhatikan pula cara pengolahannya. Hindari membakar atau menggoreng daging dengan banyak lemak.

Kandungan daging merah terdiri dari 50% lemak dan 50% protein. Sehingga kita harus waspada terhadap potensi kurang sehat daging merah yaitu bisa menimbulkan kolesterol tinggi serta penumpukan lemak.

Masak Dengan Minyak Zaitun

Minyak zaitun mengandung antioksidan yang dapat menurunkan kolesterol LDL (kolesterol jahat) tanpa mempengaruhi kolesterol HDL (kolesterol baik) Anda. Disarankan Anda mengonsumsi dua sendok makan (sekitar 23 gram) minyak zaitun per hari.

Perbanyak Konsumsi Omega 3

Asam lemak omega 3 meningkatkan kolesterol HDL. Ikan, biji rami, kacang-kacangan dan almond adalah beberapa sumber makanan yang mengandung asam lemak omega 3 tinggi.

Tetap Aktifitas Dan Olahraga

Aktivitas fisik membantu Anda mengontrol berat badan dan dapat mengurangi risiko Anda untuk terkena penyakit kronis seperti tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, diabetes. Aktifitas fisik juga mampu mengurangi stres yang menjadi faktor utama munculnya penyakit jantung. Setidaknya Anda harus beraktifitas selama 30 menit setiap hari.

Konsumsi Bawang Putih

Mengonsumsi bawang putih menurunkan kolesterol, mencegah pembekuan darah, menurunkan tekanan darah, dan melindungi terhadap infeksi. Inilah bagian dari manfaat bawang putih bagi kesehatan.

Minum Teh Hitam

Teh hitam merupakan jenis teh herbal yang sangat bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi. Anda disarankan untuk minum satu cangkir teh hitam setiap hari. Karena memang manfaat teh hitam bagi kesehatan adalah juga tidak sedikit jumlahnya.


EmoticonEmoticon