Manfaat Sarapan Pagi Bagi Kesehatan Tubuh

Tujuan manfaat pentingnya sarapan makan pagi untuk kesehatan banyak dan tidak boleh diabaikan dan disepelekan oleh kita. Makan pagi atau sarapan penting dalam rangka mempersiapkan tubuh untuk beraktifitas sehari-sehari dan juga menjaga kesehatan tubuh kita pula.

Tujuan manfaat sarapan adalah salah satunya untuk memberikan energi dalam menunaikan aktifitas dan juga aktivitas yang telah ditunjang oleh jenis macam nutrisi vitamin dan mineral yang terdapat pada sarapan pagi ini akan membuat kegiatan berjalan baik dengan penuh semangat pula.

Seringkali oleh karena berbagai alasan, kita suka melewatkan waktu sarapan. Atau, kalaupun tidak melewatkannya, kita cenderung melakukan sarapan dengan menu seadanya dan makan dengan cara terburu-buru.

Padahal ternyata sarapan itu sangat penting bagi tubuh dan juga badan kita semuanya.

Apa saja yang kita makan saat sarapan, berikut ada beberapa jenis macam cara makan yang tepat dan bersahabat dengan proses pencernaan, sangat berpengaruh terhadap kesehatan dan kinerja organ-organ tubuh kita.

Manfaat Sarapan Pagi Bagi Kesehatan Tubuh

Dalam hal ini membiasakan makan sarapan di pagi hari akan sedikit banyak memberikan dan juga membantu dalam hal kontribusi yang cukup besar untuk mensuplai nutrisi gizi bagi tubuh. Apalagi bagi otak kita manusia contoh salah satunya, sesudah tidur malam selama 8 sampai 10 jam.

Dan sarapan ini akan dapat mengisi kembali keperluan nutrisi yang habis sewaktu menjalankan rutinitas istirahat tidur malam kita. Untuk itu kita juga membutuhkan akan menu sarapan sehat yang bisa menunjang akan aktifitas kita sehari-hari.

Berikut beberapa manfaat sarapan pagi makan pagi seperti informasi yang dilansir dari tribunnews.com dan diantaranya antara lain adalah sebagai berikut :

Sarapan Meningkatkan Energi Tubuh

Tubuh manusia tentunya membutuhkan energi yang cukup banyak untuk dapat beraktivitas sepanjang hari. Nah, sarapan akan mengganti asupan gizi yang hilang setelah semalaman tubuh berpuasa (karena tidur) dan gula darah turun ke tingkat yang paling rendah di pagi hari.

Pilihan makanan dengan karbohidrat kompleks dan kaya akan serat seperti oatmeal atau roti gandum, akan membuat energi terkumpul kembali dan kita tidak mudah lelah. Tambahkan pula makanan yang mengandung protein dan kalsium tinggi seperti susu dan telur.

Sarapan di pagi hari juga dapat membantu kita dalam memberikan energi tambahan yang dapat menunjang aktivitas sepanjang hari. Sesibuk apapun kita usahakan menikmati sarapan pagi, karena dengan sarapan tubuh akan memiliki sumber energi yang dapat meningkatkan kekuatan dalam beraktivitas.

Sarapan Membantu Melancarkan Sistem Pencernaan

Di pagi hari sistem pencernaan sedang memulai proses detoksifikasi, yaitu mengeluarkan zat sisa yang tidak berguna bagi tubuh. Supaya proses tersebut bisa berjalan dengan sempurna, perlu adanya stimulus atau rangsangan, berupa masuknya makanan baru ke dalam tubuh.

Jika ada makanan baru yang masuk, kerja peristaltik usus untuk mengeluarkan makanan yang lama, dan merangsang pengeluaran enzim di dalam pencernaan, akan berjalan dengan baik.

Sarapan Membantu Menurunkan Berat Badan

Sebuah studi di American Journal of Epidemiology 2003 menunjukkan bahwa orang yang melewatkan sarapan lebih beresiko 4,5 kali, menjadi gemuk daripada mereka yang sarapan/makan pagi.

Itu karena orang yang melewatkan sarapan, akan mempunyai kecenderungan mengkonsumsi lebih banyak kalori per hari untuk mengobati rasa laparnya. Dengan sarapan seseorang juga akan terhindar dari resiko obesitas.

Sarapan Meningkatkan Kinerja Otak

Ketika kita bangun pagi, sebagian besar energi, dalam bentuk glukosa dan glikogen, telah habis terkuras oleh aktivitas sehari sebelumnya. Glukosa adalah satu-satunya bahan bakar yang dibutuhkan otak. Tanpa glukosa yang cukup maka kita akan merasa lelah dan kurang konsentrasi.

Untuk itulah maka otak juga memerlukan dan juga membutuhkan pasokan nutrisi (terutama glukosa), untuk bisa bekerja secara optimal. Kurangnya pasokan nutrisi ke otak akan menurunkan kinerja otak dan membuat kita sulit untuk berkonsentrasi.

Sarapan akan memberi otak bahan bakar yang membuat aliran darah ke otak jadi lebih lancar. Sehingga, bisa meningkatkan daya konsentrasi dan meningkatkan kemampuan dalam memecahkan masalah.

Manfaat Sarapan Pagi Bagi Kesehatan

Sarapan Memenuhi Kebutuhan Nutrisi Tubuh

Dengan sarapan, tubuh akan mendapatkan asupan nutrisi yang dibutuhkannya. Berbagai macam jenis dan menu sarapan (seperti susu, sereal, yogurt, dan lain-lain) contohnya.

Dengan hal tersebut akan membantu dan juga membuat tubuh bisa “memilih” dan mendapatkan apa saja nutrisi yang dibutuhkannya.

Sarapan Menurunkan Resiko Obesitas Kegemukan

Menurut berbagai penelitian, orang yang melewatkan sarapan cenderung memiliki resiko empat kali lebih tinggi untuk terkena obesitas, karena rasa lapar yang berlebihan mendorong mereka mengonsumsi lemak dan kalori lebih tinggi pada saat makan siang.

Bahkan oleh karena saking tingginya, bahkan bisa sampai 100 kalori lebih banyak daripada orang yang sarapan pagi.

Sarapan Bermanfaat Bagi Kesehatan Jantung

Orang yang sering melewatkan sarapan memiliki kadar kolesterol buruk LDL lebih tinggi ketimbang mereka yang sarapan dengan menu sehat di pagi hari. Serat dalam menu sarapan dapat mengikat kolesterol dan mempercepat eksresinya sebelum mencapai pembuluh arteri.

Sebuah penelitian yang dilakukan 'Harvard Nurses Health' menyimpulkan bahwa asupan serat yang tinggi berkaitan dengan penurunan risiko penyakit jantung hingga mencapai 50%.

Manfaat Sarapan Bagi Anak-Anak


Selain hal-hal tersebut diatas, ternyata sarapan makan pagi bermanfaat bagi anak-anak pula. Manfaat sarapan bagi anak merupakan kebutuhan yang sangat penting, terlebih lagi jika si anak dalam usia sekolah.

Sarapan pagi adalah awal persiapan otak anak untuk menerima pelajaran di sekolah, dengan sarapan pagi otak menjadi lebih fokus sehingga daya tangkap menjadi lebih optimal.

Berikut ini pengaruh besar dan tujuan serta manfaat dari sarapan pagi pada anak-anak :
  1. Anak yang mengawali sekolah dengan sarapan terlihat lebih bersemangat dan tidak lesu dalam menyimak pelajaran.
  2. Mencegah anak jajan sembarangan saat lapar.
  3. Mencukupi kebutuhan gizi seimbang untuk tumbuh kembang si anak.
  4. Mendukung kecerdasan dan kreativitas anak dalam mengembangkan dirinya.


EmoticonEmoticon