Manfaat Dan Cara Tips Agar Bayi Tidur Nyaman

Mengenal akan tips cara kiat agar bayi anak cepat tidur nyaman dan aman serta juga tujuan manfaat tidur bagi bayi baik untuk kesehatan secara fisik dan kesehatan mental psikologis perlu diketahui oleh para orang tua.

Manfaat tujuan bayi tidur adalah banyak macam dan bentuknya. Kita ketahui bahwa tidur bayi tentunya akan lebih banyak daripada dalam keadaan bangun terjaga.

Karena memang selain merangsang tumbuh kembang otak, hormon pertumbuhan pun dikeluarkan saat bayi tidur.

Manfaat Dan Cara Tips Agar Bayi Tidur Nyaman

Tidur nyaman nyenyak bayi akan membantu perkembangan otak bayi menjadi optimal. Para ahli banyak mengulas bahwa tidur merupakan salah satu rangsang bagi tumbuh kembang otak. Bahkan, aktivitas yang satu ini jadi "pintu" dari tumbuh kembang otak bayi selanjutnya agar cerdas, berakal, dan berpikiran jernih.

Sebabnya, sekitar 75% hormon pertumbuhan dikeluarkan pada saat bayi tidur, khususnya awal tahap ke-3 dan ke-4 tidur. Tingginya kadar hormon pertumbuhan ini erat hubungannya dengan kondisi fisik bayi karena hormon ini punya tugas merangsang pertumbuhan tulang dan jaringan, serta mengatur metabolisme tubuh, termasuk juga otak bayi!

Di samping itu, hormon pertumbuhan juga memungkinkan tubuh bayi memperbaiki dan memperbaharui seluruh sel yang ada di tubuh. Mulai dari sel kulit, sel darah sampai sel saraf otak.

Dan ini adalah termasuk dari manfaat tidur bagi kesehatan bayi itu sendiri. Dan hal lainnya juga adalah bahwa membantu meningkat pertumbuhan syarat pusat sang bayi dan anak itu sendiri.

Baca juga : Cara Tips Stimulasi Merangsang Perkembangan Otak Bayi Dan Anak.

Dan inilah salah satu alasan penyebab penting mengapa tidur untuk bayi yang baru lahir adalah sesuatu yang wajib. Para ahli mengatakan bahwa jika bayi mendapat waktu tidur yang cukup, sistem saraf pusat akan berkembang dengan baik dibandingkan dengan anak yang tidak mendapatkan waktu tidur yang tepat.

Semakin banyak bayi tidur nyenyak dan nyaman maka hal ini berpengaruh pada tingkat mood dan perasaan bayi dan juga bayi anak merasa semakin rileks. Hal ini berguna agar bayi lebih gemar tersenyum dan tertawa bukannya malah sering menangis sepanjang waktu.

Tingkat imunitas kekebalan bayi terhadap penyakit juga meningkat dengan terpenuhinya kebutuhan tidur yang cukup, kualitas kwantitas tidur bayi yang sehat.

Cara Agar Bayi Tidur Nyaman Dan Cara Menidurkan Bayi


Ada beberapa hal yang perlu untuk diketahui oleh para orang tua khususnya para ibu bunda agar bisa membuat sang bayi buah hatinya merasakan tidur yang nyaman nyenyak dan juga tips kita cara agar bayi cepat tidur.

Berikut beberapa cara agar tidur bayi nyenyak dan tidak terganggu seperti yang dikatakan oleh Dr. dr. Soedjatmiko, SpA(K), MSi seperti dikutip dari beritasatu.com antara lain :
  1. Usahakan alas tidur, pakaian, dan popoknya senyaman mungkin, karena sensorik bayi sangat sensitif gatal sedikit bisa membangunkannya.
  2. Pilihlah pakaian tidur bayi yang nyaman dan pas untuk bayi, jangan sampai terlalu longgar ataupun terlalu sempit.
  3. Pemilihan popok juga berpengaruh ke kualitas tidut bayi. Menurut dr. Soedjatmiko pilihlah popok yang nyaman, dapat menyerap banyak urine, lembut, serta tidak membuat iritasi kulit buah hati. Kalau urine bayi tidak diserap dengan baik selama semalaman maka tidur mereka akan terganggu. Di dalam urine mengandung urea yang bisa menyebabkan iritasi pada kulit bayi. Kulit bayi akan jadi merah dan gatal sehingga bayi pun terbangun," ujar dr. Soedjatmiko.
  4. Faktor lingkungan juga berpengaruh pada kenyamanan tidurnya seperti suara, suhu ruangan, dan cahaya. Menurut dr. Soedjatmiko usahakan lingkungan senyaman mungkin untuk bayi tidur.
Menidurkan bayi terkadang menjadi hal yang sangat sulit bagi sebagian orangtua. Berbagai cara mungkin telah dilakukan agar si kecil mau terlelap. Namun, tetap saja mata mungilnya tidak kunjung terpejam. Padahal tidur merupakan saat di mana bayi berkembang secara optimal. Jika kuantitas tidurnya kurang, tentu perkembangannya akan terhambat.

Selain itu berikut ini beberapa cara tips agar bayi tidur dengan nyaman pulas dan aman seperti dilansir dari bidanku.com memang penting untuk menjadi perhatian bagi para orang tua. Beberapa panduan umum untuk tidur yang aman sangatlah penting bagi para orangtua ketika mereka akan menidurkan bayi mereka.

Berikut ini adalah daftar tips menidurkan bayi yang aman yang bisa dilakukan.
  1. Jangan merokok. Jangan pernah ada yang merokok di kamar bayi.
  2. Hangatkan bayi. Buat bayi merasa hangat namun jangan terlalu membungkusnya.
  3. Kasur yang kuat. Kasur haruslah kuat, tidak terlalu lembut (lihat bagian tempat tidur bayi di bagian bawah).
  4. Jangan gunakan bantal, selimut, atau sprei. Tempat tidur bayi harus bebas dari segala macam benda yang mungkin akan menutupi dan membuat bayi tersedak.
  5. Jangan sampai bayi tidur tengkurap. Jagalah agar bayi tidur telentang di tempat tidurnya sebisa mungkin.
  6. (Sebaiknya ada) Detektor asap di kamar bayi. Pastikan detektor asap bekerja dengan baik.
  7. Tidak ada mainan. Dengan perkecualian boneka binatang kecil ketika bayi sudah berusaha 4 bulan atau lebih.
  8. Tidak ada bantalan pelindung benturan.
  9. Gunakan produk-produk untuk memonitor bayi.
  10. Jauhkan mainan elektronik dan lampu dari bayi.
  11. Jauhkan bayi dari tali penarik korden, tali dot, dan lain-lain.
  12. Tengok bayi yang tidur sesering mungkin. Tempat tidur bayi mungkin tempat yang paling aman bagi bayi untuk tidur. Jika bayi tertidur di tempat lain, pastikan bayi dalam keadaan aman dan nyaman.
  13. Jauhkan hewan peliharaan dari bayi ketika mereka tertidur.
  14. Gunakan tempat tidur bayi untuk satu bayi.
Berikut ini beberapa tips kiat cara menidurkan bayi antara lain adalah sebagai berikut :

Tidurkan Bayi Dengan Menyusui

Bayi yang tidak kunjung tidur dan rewel bisa saja disebabkan karena ia lapar sehingga ia merasa tidak nyaman dan sulit untuk memejamkan mata. Para ibu bunda dapat memberikan ASI untuk si kecil agar ia mendapatkan makanan yang cukup sehingga merasa kenyang.

Bayi biasanya akan lebih mudah tidur jika berada di pelukan ibunya sambil minum ASI. Setelah si kecil terlelap, baru ibu bisa melepaskan si kecil dan menidurkannya di tempat tidur yang nyaman.

Baca juga beberapa informasi berikut ini :
Menidurkan bayi Dengan Menggendong Dan Mengayun-Ayun

Beberapa bayi senang digendong atau diayun – ayun sebelum tidur. Walaupun cara ini sebenarnya tidak dianjurkan karena membuat bayi menjadi ketergantungan untuk selalu minta digendong, cara ini sangat efektif dan relatif cepat membuat bayi terlelap. Bayi akan merasa nyaman saat diayun – ayun sehingga membuatnya terbuai dan tertidur.

Mencium Bayi

Jika tidak menidurkan dengan cara digendong, letakkan bayi di tempat tidurnya kemudian ucapkan kata pengantar tidur dan beri ia ciuman. Berjanjilah sang ibu untuk kembali lagi dan memberi ia ciuman lagi.

Bunda bisa mundur beberapa langkah sebelum memberinya ciuman kedua. Jika si kecil bergerak – gerak dan minta digendong atau bahkan menangis, sebaiknya jangan menegurnya. Cukup baringkan lagi bayi di tempat tidur dan beri ciuman. Setelah beberapa hari, Moms akan mengetahui jumlah ciuman dan waktu yang diperlukan untuk menidurkan bayi.

Memandikan Bayi

Bayi yang sulit tidur biasanya merasa gerah atau kurang nyaman. Orang tua dapat memandikannya dengan air hangat sebelum tidur. Air hangat memberikan efek relaksasi untuk si kecil sehingga membuatnya merasa lebih nyaman. Setelah mandi, ia juga akan merasa lebih nyaman dan dapat segera tertidur dengan pulas.

Baca juga : Tata Cara Memandikan Bayi.

Bagaimana dampak akibat kalau bayi kurang tidur? Tidur punya andil dalam meningkatkan daya tahan tubuh bayi terhadap infeksi. Jika tidurnya terganggu, kadar sel darah putih dalam tubuh akan menurun.

Kalau sudah begini, efektivitas sistem daya tahan tubuh anak juga ikut-ikutan menurun. Hasilnya? Bayi gampang sakit, pertumbuhannya pun terganggu. Tidak cuma itu, kurang tidur juga punya dampak terhadap kemampuan berpikir bayi.

Kalau tubuhnya lelah, kualitas kemampuan berpikirnya jadi rendah. Jadi, kalau kita sebagai orang tua ingin bayi mampu merespons dengan baik, kondisi tubuhnya dalam keadaan prima. Bayi yang kurang tidur bisa jadi rewel, cengeng, dan sulit diatur.


EmoticonEmoticon